EPIDEMIOLOGI BHISMA MURTI PDF

Bhisma Murti, Universitas Sebelas Maret, Indonesia. Description: Journal of Epidemiology and Public Health (JEPH) is an electronic, open-access, double- blind. Bhisma Murti at Universitas Sebelas Maret. Bhisma Dhian Nurayni Sulistyo Ningrum1), Bhisma Murti2), Ruben Dharmawan3). 1)Faculty of. Investigasi Outbreak – Prof Bhisma Murti Biokimia Mineral – Bhisma Damareka_analisiskimia Ipb ยท Soal Epidemiologi _Prof Bhisma new.

Author: Vutilar Tojabei
Country: Comoros
Language: English (Spanish)
Genre: Travel
Published (Last): 22 June 2015
Pages: 226
PDF File Size: 15.4 Mb
ePub File Size: 4.29 Mb
ISBN: 426-2-92373-890-7
Downloads: 43059
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Juhn

Definisi kasus yang baku dan seragam penting untuk memastikan bahwa setiap kasus didiagnosis dengan cara yang sama, konsisten, tidak tergantung pada siapa yang mengidentifikasi kasus, maupun di mana dan kapan kasus epidemiooogi terjadi.

Sejumlah faktor mempengaruhi dilakukan atau tidaknya investigasi outbreak: Pemeriksaan klinis ulang perlu dilakukan terhadap kasus yang meragukan atau tidak didiagnosis dengan benar misalnya, karena kesalahan pemeriksaan laboratorium.

Implikasinya, sistem kesehatan perlu melakukan investigasi outbreak dan mengambil langkah-langkah segera dan tepat untuk mencegah penyebaran lebih lanjut penyakit itu. Glossary of epdemiologic terms. Hakikatnya outbreak merupakan deviasi penyimpangan dari keadaan rata-rata insidensi epidemiloogi konstan dan melebihi ekspektasi normal Karena itu outbreak ditentukan dengan cara membandingkan jumlah kasus sekarang dengan rata-rata jumlah kasus dan variasinya di masa lalu minggu, bulan, kuartal, tahun.

Mengkomunikasikan temuan Temuan dan kesimpulan investigasi outbreak dikomunikasikan kepada berbagai pihak pemangku kepentingan kesehatan masyarakat.

Disease does not occur randomly Disease has identifiable causes which can be altered and therefore prevent disease from developing Definition of EpidemiologyThe study of the distribution and determinants of health-related states or events in specified population, and the application of this study to control of health problems.

Identifikasi outbreak Outbreak adalah peningkatan kejadian kasus penyakit yang lebih banyak daripada ekspektasi normal di di suatu area atau pada suatu kelompok tertentu, selama suatu periode waktu tertentu.

  EPISTASIS RESESIF PDF

Interaksi modikasi efek adalah pengubahan efek paparan sebuah murfi terhadap penyakit menurut tingkat paparan faktor lain yang disebut effect modifier pengubah efek. Value from 0 to 1. Masa inkubasi terpendek adalah 14 hari, yaitu waktu sejak pertama kali terpapar oleh sumber patogen hingga terjadinya kasus primer. Core rulebook for the RPG Outbreak: Am J Public Health, 91 Value from 0 to infinityPrevalence Point Prevalence: Hanya epidemiolkgi pasti yang harus dilaporkan kepada WHO.

Investigasi Outbreak – Prof Bhisma Murti

Tetapi informasi tentang potensi bhisms bisa juga berasal dari petugas kesehatan, hasil analisis data surveilans, laporan kematian, laporan hasil pemeriksaan laboratorium, atau media lokal suratkabar dan televisi. We share information about your activities on the site with our partners and Google partners: Hakikatnya outbreak sama dengan epidemi wabah. Tetapi untuk penyakit tertentu, misalnya kasus infeksi H5N1, hanya rumah sakit tertentu mampu mendiagnosis kasus pasti.

Karena sebagian besar kasus telah terjadi, maka peneliti melakukan studi kohor retrospektif untuk menjawab pertanyaan tersebut. Konsep epidemi berlaku untuk penyakit infeksi, penyakit non-infeksi, perilaku kesehatan, maupun peristiwa kesehatan lainnya, misalnya epidemi kolera, epidemi SARS, epidemi gizi buruk anak balita, epidemi merokok, epidemi stroke, epidemi Ca paru, dan sebagainya Gerstman, ; Last, ; Greenberg et al.

Peneliti outbreak mendefinisikan kasus dengan menggunakan seperangkat kriteria sebagai berikut: Aims bhisa Epidemiologic ResearchDescribe the health status of a populationTo assess the public health importance of diseases To describe the natural history of disease, Explain the etiology of diseasePredict the disease occurrenceTo evaluate the prevention and control of diseaseControl the disease distributionDescriptive epidemiologyAnalytic epidemiologyApplied epidemiologyDescriptive and Analytical EpidemiologyDescriptive epidemiologyDescribes the epidemiplogi of disease cross-sectional Analytic epidemiology: The New England Journal of Medicine, 4: Prinsip intervensi untuk menghentikan outbreak sebagai berikut: Untk keperluan manajemen kasus epidemiologl cair akut di area epidemi kolera, semua pasien dengan diare cair akut hendaknya diklasifikasikan sebagai kasus murtu.

Penggunaan definisi kasus seperti yang direkomendasikan Standar Surveilans WHO memungkinkan pertukaran informasi tentang kejadian penyakit-penyakit secara internasional.

  EUROPOWER EPQ304 PDF

Investigasi Outbreak – Prof Bhisma Murti – PDF Free Download

Sumber data kasus untuk menenetukan terjadinya outbreak: Tujuan epidemiologi deskriptif adalah mendeskripsikan frekuensi dan pola penyakit pada populasi menurut karakteristik orang, tempat, dan waktu. Langkah ketiga, peneliti mendeskripsikan karakteristik data epidemi menurut karakteristik tempat, biasanya dalam bentuk peta lokasi, disebut spot map.

An integrated approach to communicable disease surveillance. Memasukkan semua kasus diare cair akut bhixma kelompok usia tahun ke dalam pelaporan akan menurunkan spesifisitas pelaporan banyak positif palsu. Ann Fam Med ;4: Spot map memeragakan letak klaster diare yang berdekatan dengan sumber air minum dan kelompok peternakan sapi, sehingga menimbulkan hipotesis bahwa limbah kotoran dari peternakan sapi telah mencemari sumber air minum penduduk kecamatan tersebut Merumuskan hipotesis Pada tahap ini penyelidik outbreak dapat merumuskan hipotesis tentang kausa dan sumber outbreak dengan lebih akurat daripada hipotesis yang ada pada benak peneliti ketika memulai investigasi outbreak.

Desain yang digunakan lazimnya adalah studi kasus kontrol atau studi kohor retrospektif. Com Monto AS Hipotesis dirumuskan sedemikian rupa sehingga dapat diuji.

Epidemiologi Prof Bhisma Murti – Documents

Demikian pula pada umumnya fasilitas pelayanan kesehatan sekunder RS yang 5 memiliki fasilitas laboratorium mampu mendiagnosis kasus pasti. Alasan lain penggunaan terma outbreak sebagai pengganti epidemi karena kata epidemi atau wabah berkonotasi gawat sehingga dapat menimbulkan kepanikan epidemoologi masyarakat Tomes, Statistical methods epidemiilogi health care research.

Tujuan khusus investigasi outbreak adalah mengidentifikasi: Penyakit yang berbeda mempunyai masa inkubasi yang berbeda. Tetapi tidak jarang fakta yang ditemukan telah begitu mencolok mata mendukung hipotesis hati-hati!